About Me

My photo
Just an average master degree student, currently working on my thesis and doing make over in my spare time IF i'm not shopping LOL... I can be reach at imelda_husin@yahoo.co.id if you guys want me to review your products or sponsorship or simply wanna chat. Thank you...

Wednesday, November 14, 2012

SELL OUT BLOGGER

Ada yang pernah dengar istilah sell out blogger?

Dari diskusi hangat yang terjadi di sebuah group rahasia *ceileh* tercetus hal itu. Dan terus terang gue pernah baca artikelnya tapi udah lama. Jadi berkesimpulan mencari tahu apa sih itu? Secara gue kan orangnya kepo cetar membahana menggelegar eym???

Menurut sebuah situs, Sell out blogger itu adalah :

"Good news, kamu banyak duit. Nah bad news, ya gitu deh.. will do anything for free products, and fame, and MONEY."
Nih linknya - kalau kamu as a blogger merasa paling gak 3 diantara 10 tanda-tanda itu bener.. nah gue senyum aja dah! Blogger Sell Out

Apa aja sih?
1. Sebulan bisa review lebih dari 3 kali produk sponsor
2. Semua post kamu itu isinya giveaway, mau ikut giveaway orang atau bikin giveaway sendiri
3. Kepo abis di twitter, tiap twitter brand make up anu di tweet, skin care ini di reply dan bukan untuk nanya.
4. Review produk yang gak akan dipake, misalnya gak suka baju polkadot trus mendadak foto TO (Today's Outfit) pake polkadot
5. Cuma baik, kalo ada maunya. Kayak cuma mau nongol kalo diundang brand yang kira-kira ngasih goodybag buanyaak.
6. YOU POST ABOUT EVERY EVENT YOU GO, nah ini sih emang kadang permintaan dari brand-nya so biarkan moral aja yang berbicara hehe..
7. Kalo abis dikasih produk ama company, langsung berbunga-bunga bilang, "Aduh makasih ya brand XXX i love it soooo much." Padahal denger juga blom pernah.
8. Review kamu positiiiveee semua, kayak ibu-ibu hamil. Karna takut kalo review jelek nanti gak "dipake" lagi ama brand lain.

Gak salah sih, itu masalah persepsi ama integritas. For me, who am i to judge.

Tapi yang bikin agak-agak ganggu sih buatku, ya itu.. ya mosok baru dapet foundation kemaren hari ini udah bisa review. WAK WAW... emang gak kamu pake dulu? Makenya juga udah ditest pake primer, gak pake primer, di ruang ber AC, panas-panasan dkk belum???

Kalo gue sih, setiap kali review produk emang dipake sampe khatam dulu. Banyak yang protes, SO WHAT?

Setiap review gue gue udah rela dulu jelek, eyeliner smudging kemana-mana. Cek deh twitter gue @Beauty_onBudget, ada tuh foto gue pake eyeliner high end brand beleber dan gue ngantor dan gue meeting. Beauty is PAIN emang.. LOL

I will talk more about this on IBB Gathering Akbar, tanggal 17 November di Rumah Cantik Citra, Tebet jam 10 pagi. Kamu blogger, dateng aja langsung. CUS see you there. And debate me.

Love you all :)


119 comments:

  1. kalau diri sendiri belum sempurna lebih baik tidak ngomongin blogger yang lain dulu :) keliatannya jadi kalian dari pihak staff itu yang benar semua dan kita harus mengikuti tips-tips dari kalian

    ReplyDelete
  2. wew Mada, dirimu kembali mengangkat topik penuh kontroversi hehehe....
    menurut aku sih itu kembali ke masing2 pribadi. kalo emang dia mau jadiin blog nya sebagai sumber mata pencariannya knp ngga? banyak yg begitu (bkn hny beauty blogger).. semua bebas netapin aturan masing2 buat blognya.

    ReplyDelete
  3. Beauty is pain ya? itu kan kalo tujuannya buat diri sendiri.
    kalo tujuannya buat memberikan review yg bagus, blogging dong yang is pain?
    di tweet nya mb juga bilang 'One of the beauty being a beauty BLOGGER...'
    kenapa nggak bikin blogging tips post aja? biar blogger baru bisa lebih bagus? ;)

    ReplyDelete
  4. topik ini mungkin kalian anggap lucu dan menarik yah,
    tetapi jujur saja ini menunjukkan kalau dari sisi Mbak Mada sendiri merasa bahwa dirinya lebih baik daripada orang lain :)
    biarkan masyarakat yang menilai apakah blog itu bagus atau engga, berkualitas atau engga, layak dibaca atau engga. sesama blogger lebih baik engga saling menjatuhkan

    ReplyDelete
  5. ini bukannya ngatain sesama staff sendiri ya? o.o kan ada staff yang begitu

    ReplyDelete
  6. i don't really think semuanya a blogger-sell-out ya. IMO ce mada kalo emang dari blogging bisa dapet uang why not? sekali menyelam dua-tiga pulau terlampaui, just like the idiom says.

    aku newbie, mungkin kurang tau cara blogging yang bener seperti sistem penilaian suatu barang gimana dalam review (yes I admit it, I'm still confused with my own rating system) so we tend to give high scores only. 8 itu jelek apa bagus sih? Relatif. kalo sama si mama dulu sering dijewer karena dapet 8, jelas dimataku 8 itu jelek. tp yang lain mengira itu nilai bagus kan?

    giveaways. why not trying your luck for something free? again.......siapa sih yang gak ngiler liat palette mahal2 dikasihin gratis di giveaway suatu blog?
    banyak yang bilang blogging itu mahal, gak ada modal gak usah jadi blogger dah. sadly it's true. semurah-murahnya barang, si mata masih laper cari yang mahal kan..
    and giveaways seem like the reasonable things to do.

    kepo di twitter bermanfaat loh! and retwittings..repot juga sih. beauty blogger kok tweets-nya gak ada byuti byutinya. kok isinya ramblings about life only? lagian reply/retweets berguna banget, soalnya yang lain jadi tau promo/info terbaru suatu brand. agree?

    aaah >.< jadi curcol panjang lebar. my personal opinions sih ce mada, menanggapi post yang ini. why talked this much? sorry but i consider this post as judging..really

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for your insight dear :)
      Emang gak murah kok jadi beauty blogger, sampe skarang jg aku masih nabung beli kamera yang bagus hehe....

      Delete
    2. @caroline: your words are wisdom *hugs*

      Delete
    3. I also realized that! gak murah hihi, baru beli kamera jadi torok gitu ya... *mewek di pojokan*

      miss rhea : thankyou darling! *hug* :D

      Delete
  7. Stella lee & Mada foe memang beauty blogger lama.tapi Stella lebih baik tidak nyinyir seperti anda.
    kalo sebulan bisa lebih dari 3 review dari sponsor Masalah buat Loe ?? sah sah aja kalee review kaya gitu toh pembaca yang akan nilai blog seseorang jadi gak usah Kepo !!
    Stella Lee sebulan bisa dapet berapa banyak Kosmetik dari sponsor jadi loe ngeririk blognya stella donk...ngiri kali gak banyak dapet dari sponsor.
    Masalah Giveaway yaa biarin aja kan emang banyak yang ngadain giveaway dan yg ngadain minta di tulis jadi sah sah aja...
    Males deh punya Staff IBB tapi senyiyir loe...lah wong yang buka Group Stella Lee aja Gak Nyinyir....

    Mudah2an Staff IBB gak ada yg senyinyir anda ^0^
    Nggak usah sok deh mentang2 Beauty Blogger lama tapi merasa paling Hebat.

    Maap yee...coz nyelekit getoh baca tulisannya kaya yg dah sempurna ^^

    ReplyDelete
  8. Hmm.. mau baru dapet kek, mau udah sebulan dapet kek, menurut aku itu suka-suka orangnya juga ya. Emang semua blogger harus ngikutin kamu gitu? Ya prinsip kamu sih bagus emang, tapi kembali ke orang masing-masing ya, itu blog mereka, kamu juga ngapain sewot sendiri deh, emang kamu udah paling oke diantara beauty blogger? posting aja jarang.

    kalo emang ga suka, ya ga usah diliat, ga usah dibaca, jangan follow. gampang toh.

    ngerasa senior terus berhak ngomong begini terus diposting di grup gitu? bukannya kamu sendiri yang menyalahgunakan jabatan staf? gini tu cuma curcol kamu aja, ga ada sangkut paut sama beauty deh -_-

    ngotor-ngotorin grup IBB aja.

    Lagian, ya yang tentang foundie baru sehari langsung review, emang ada aturan gitu review harus pake ini, pake itu. selama si blogger mencantumkan bahwa ini review pemakaian pertama kali, kenapa nggak? apa semua review itu harus dipakai berbulan-bulan? harus dengan berbagai metode pake primer, tanpa primer, atau pake bedak?

    who are you to judge deh Mada -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Who am i to judge really, true :)
      Makanya aku juga tulis di blog post, ada tuh who am i to jugde.
      Kalau baru dapet mau langsung posting namanya bukan review dear, First Impression.
      Thanks for stopping by ya... Maaf ya kalo postingan aku kurang berkenan dibacanya.

      Delete
  9. saya pernah bertemu anda di sebuah event. saya diam aja dan nervous karena belum ada yg kenal. orang yang pertama kali bereaksi dengan saya adalah anda, tetapi reaksi negatif. anda memberikan respon buruk (mencibir saya memperhatikan jijik dari kepala hingga kaki)

    jangan nge judge orang dari ciri - ciri yang anda terapkan di atas dong, jangan samakan diri orang lain sama seperti anda, sebetulnya, harusnya anda lah staff IBB yang patut digantikan, bukan Stella Lee.
    Btw, di female daily anda kabur tanpa berita ya? membeli graftobian, tdk ada kabarnya lalu masuk black list oleh salah satu penjual. apa menurut anda, anda sudah baik??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah yang ini perlu klarifikasi :)

      Saya kalau memperhatikan kamu dari atas sampe bawah, brarti saya SIRIK dengan spatu kamu. You must be wearing a very nice pair of shoes. Maaf ya kalo kesannya saya jutek, emang mukanya udah begitu. Saya minta maaf ya kalo kamu merasa tersinggung.

      Masalah graftobian, wah sudah lama sekali itu dikirim ke saya. Saya emang belanja, dan harus out of country 2 bulan. Saya lupa, kembali ke Indo saya keterima kerja dan saya ganti no. Sampe untungnya ji.vi.el berbaik hati ngimelin dan ngingetin ada invoice yang belum kelar. Saya langsung transfer, dan sampe harus dikejer-kejer juga untuk ngasih alamat. Karena emang lagi rempong-rempongnya penyesuaian, kantor baru dan pindah ke Jakarta waktu itu. Akhirnya barangnya dikirim ke kantor.

      Dan diblack list, mungkin dia cuma lupa take my name out of the no response list. Karena saya punya beberpa proyek kok dengan FD dan salah satunya bahkan sudah selesai dan ditunjukkan ke kantor pusat di Paris, dan mereka so happy.

      Juga saya masih sering diundang event FD, so i am not black list ya. Makasih udah ngingetin juga, i will check on Market Plaza soon :)

      Delete
  10. Pada Anonymous party nih di sini....? :))

    Kenalin dong, nama saya juga Onani, eh, Anonymous maksudnya.

    ReplyDelete
  11. kayanya blog sis mada x ini sebnrnya translate blog jennine jacob deh..
    kok tmn2 "anonymous" gk ada yg comment ke blog itu? :)

    semua hal balik ke masing2 pihak aja..jgn serang satu sama lain..ini para anonymous jg gk berani nampilin nama, krn takut ketahuan or malu or gmn?
    sis mada berani tulis ini di blognya, artinya dia berani kena kritik n saran..which mean kalian yg komen jg hrs berani donk kasi nama..
    "just my 2 cents"

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang lo? lo juga pake nama doang ga pake data... ngaca dong

      Delete
    2. I'm no blogger dear :) cuman readers doank...eniwei..km galak amat yah..hihihi

      Delete
    3. udah di baca belum sih?
      kalo di blog nya jennine jacob itu dia nggak nge judge, dia memapaparkan dan sekaligus ngasih TIPS, tiap poin ada tips nya, di akhir juga ada summary dan tips lagi, kalau yg ini nge judge banget.
      liat aja komen2nya disana, semua bilang agree, karena kalo diliat dari poin2nya di atas emang ada benernya kan, dan karena dia nulis nya netral.

      tapi kalo yg disini, bawahnya itu lho, tambahan "kalo gue review itu bla3, cek deh twitter gue" siapa loe -_-

      dan tiap poin berasa ditulis sambil mencibir jijik ke orang yang kayak gitu. emang salah ya?

      Delete
    4. bedanya blog jennine jacob ini engga seperti nyindir, bahasanya jelas profesional
      kalau blog mada ini beda, liat deh blognya hana aja juga bahasanya nyindir

      kalau blog allthatmakeup itu baru netral
      katanya staff, tata bahasa diatur dong

      Delete
    5. Udh baca kok :)
      Beda blog,beda bahasa..mgkn disini sis mada cara ngungkapinnya agak2 pedes..thats just the way she is..
      Balik lg ke masing2 org..lagipula ini blog dia,dia mau tulis yg seperti apa jg hak dia..cukup kasi comment2 aja tp gk usah kesannya 'marah', 'kesel', 'ngamuk' dst..nanti yg ada org akan mikir..wahhh yg komen2 ini pasti yg berasa kesindir..hehehehe...
      Udah ah..gk mau byk2 ngmg disini..mau jd silent reader ajahh ^^

      Delete
    6. Iya, maaf ya kalau bahasa translate-nya bahas semau udel saya. Emang point 1-8 itu pure translate-an kok. Bukan buah pemikiran aku sendiri, di atas point 1 kan udah aku kasih link-nya.

      Maaf ya kalau menyinggung.

      Delete
  12. hi ka Mada :)
    akupun kadang suka risih kalo mulai liat blogku penuh sama giveaway >.< I do habe beauty products yang beli sendiri, but too lazy to review it. sikap "malu" dan pengen sharing sama readers biasanya kujadiin pacuan buat nulis review.
    aku pribadi setuju banget sama ka Mada yang akurat banget nulis review :) aku sebagai blogger baru merasa harus banyak belajar sama ka Mada :)

    I hope I can join RCC Gathering ya ka :) mau bangeeett belajar banyak dari blogger lain :)


    see you when I see you!!

    mels

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you dear.. Mari sama-sama mengingatkan, kadang gue jg suka selip. Nyablak hehehe..

      Delete
  13. hmm, tapi nggak ada salahnya juga kan review produk dari sponsor atau menang giveaway, karena kan ga semua orang mampu untuk beli produk2 yang di pengen, jadi kalo menang produk yg dipengenin, wajar dong seneng dan berterimakasih ke brand nya.. nyatanya banyak juga yang review produk sponsor lebih dari 3 sebulan..

    sebenernya postingan mbak ini bagus, cuma cara menyampaikannya seolah-olah mbak yang paling benar.

    kalo di blog nya jennine jacob itu dia nggak nge judge, dia memapaparkan dan sekaligus ngasih TIPS, tiap poin ada tips nya, di akhir juga ada summary dan tips lagi, kalau yg ini nge judge banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya kalau bahasa translate-an saya kesannya jadi ng judge. Will do better on my next post. Thanks for stopping by..

      Delete
  14. Wow mada!! Are you talking about me??? Nyahahah...

    Nice post daaghling! Terserah sih ya blogger mau ngeblog sambil ngais rejeki yang menurut gw pribadi sih itu hebat! Siapa sih yang ga mau mencapai kebebasan finansial dari blog? Suatu hal yang fun dilakukan. Tapi yang penting tetep ATTITUDE, IMHO. ^^

    So.. bloggers, keep calm and carry on!

    ReplyDelete
  15. Whoa, will everyone chill the hey out? Kok jadi 'panas' gini, gela.

    Gw rasa pada misinterpretasi ya. Ngapain jg si Mada sirik LOL. I met her in person. She's nothing like that. Bukannya gw mo maen kubu2an juge ye (kenapa pula mendadak nama Stella dibawa2). Tp gw rasa gw ngerti apa yg pengen Mada sampein ke kite2 deh.

    Mnurut gw, blogger tuh masuk golongan jurnalis juga. Saat kita menulis beauty review, kita juga harus bertanggung jawab dengan review yang kita tulis. Karena gw jg manusia dengan dana terbatas. (Kecuali gw uda bisa kentut duit deeee.)

    Makanya beli barang tuh kudu hati-hati dan minimal baca 3-4 review orang sebelom purchase.

    Mengingat hal2 tsb, gw brusaha nulis review sebaek2nya. Gw neliti, gw caritau, gw pelajari tiap produk yg gw review scara hati-hati. Gw akuin, untuk ini tuh makan banyak waktu. Makanya untuk review produk gw jg gabisa rutin per minggu.

    Naaah, karena proses menulis yg ga mudah ini, kita jadi mikir doooong.

    Q: Legit ga sih tulisan blogger Anu. Kok dia bisa ya review produk buanyak banget. Bener teliti ga ya?

    Intinya sih gitu doang! Bukannya mau nyela2 satu oknum. Gw rasa kita smw mo diajak kritis. Sbage staff IBB tentu penting mengingatkan cara menulis yang baek dan benar.

    Meeeemaaaang blog emang punya kita. Kita bisa suka-suka nulis. Tapi, hei. Dgn pola pikir "Freedom of Speech" gini, bisa2 banyak pihak salah paham dan tidak puas, krn setiap individu ngerasa berhak utk ngemukain uneg2 yg ada di dasar hati.

    Itulah kenapa IBB ada. Bukannya mereka mao sok senior, ya. Mereka cuman mao bikin komunitas kita tetep asik. Kalo ga ada mereka, siapa deh yang bakal salurin undangan2 event2 ke kita2? Dan asal tau aja, Mada emang orang yg terlibat langsung sama brand2 kosme high end yg sering adain event. Malah dia pribadi ngomong ke gw kalo antusiasme blogger bikin dia hepi krn hobi mereka dulu kesalurin.

    Siapa sih yg rapat korbanin waktu utk kita2? Siapa sih yg brainstorm buat bikin kegiatan utk seterusnya biar kita keentertain?

    IBB staff lah! Salah satu otaknya ya Mada!

    Jangan langsung berburuk sangka trus asumsi yang aneh-aneh. Inti blog ini tuh cuman mo ngasitau cara nulis yang 'preferable' tuh gimana. Mau diikutin hayuuuu, mau kagak ya terserah lah yau cap cussss ahhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. I am no one to follow dear.. Thanks for stopping by and very good insight from you indeed, aku blajar hal baru dari komen kamu loh :)

      Intinya itu cm bahasa translate terjemahan yang salah, dan jadi sensasi. But not in a good way :(

      Sorry ya...

      Delete
    2. Hugh for stella... agree with you sis...

      Delete
  16. Memang Bener Mada tuh berperan penting di IBB buat acara2..tapiii cara penyampaian tulisannya itu yang nggak banget.
    gak semua staff IBB kaya gini tapi yang ini beda.Hana juga suka ngeritik tapi cara penyampaiannya beda.
    Kenapa Stella dibawa ?? itu cuma salah satu contoh yang sering mereview produk sponsor lebih dari 3 dalam sebulan bukan maksut apa2.

    Yeah...buktinya banyak yang merasa tergelitik dengan postnya si Mada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah diingetin ya. Will do better on my next post :)

      Delete
  17. kebiasaan orang Indonesia bgt sih, salah dikit nge judge, melenceng dikit nge judge. Keliatan bgt nge-gank dan kayak mesti ikut alur dari "bos kakak pertama". Nih ya, daripada gue ikut - ikutan nyela juga, mending gue jawab-jawabin aja ciri - ciri lo itu:

    1. Sebulan bisa review lebih dari 3 kali produk sponsor --> emg salah?? namanya sponsor, mereka ngasih kita kan buat bikin jualan mereka cepet laku. kalo kelamaan nge reviewnya, bisa - bisa keburu keluar produk baru terus dagangan mereka nggak laku lahh. ya sekarang gini deh, lo aja baru dikirimin wet n wild aja langsung pamer - pamer bikin video kan??

    2. Semua post kamu itu isinya giveaway, mau ikut giveaway orang atau bikin giveaway sendiri --> ya namanya pengen menang, ya wajar lah promosi. kenapa sewot?

    3. Kepo abis di twitter, tiap twitter brand make up anu di tweet, skin care ini di reply dan bukan untuk nanya --> contoh gini, l'occitane ngeluarin hand cream baru, maybelline ngeluarin mascara baru terus sebut aja A, suka bgt sm kedua merk ini & nge-RT twitternya kan gpp dong, ya namanya cinta bgt trus masalah buat lo???

    4. Review produk yang gak akan dipake, misalnya gak suka baju polkadot trus mendadak foto TO (Today's Outfit) pake polkadot --> sekarang gue tanya deh, viva foundation yg lo review & baunya amit - amit itu emg lo pake? gue yakin nggak. lo cuma pake sekali abis itu lo tinggal. lo sendiri kan yg nunjukkin foundation lo yg bejibun & kadaluarsa itu??

    5. Cuma baik, kalo ada maunya. Kayak cuma mau nongol kalo diundang brand yang kira-kira ngasih goodybag buanyaak --> itu bukannya lo ya? cuma dtg di event - event gede & ngga pernah nongol di event yg ngga nyediain apa - apa kayak waktu L'ancome duel.

    6. YOU POST ABOUT EVERY EVENT YOU GO, nah ini sih emang kadang permintaan dari brand-nya so biarkan moral aja yang berbicara hehe.. --> ini gausah dibahas

    7. Kalo abis dikasih produk ama company, langsung berbunga-bunga bilang, "Aduh makasih ya brand XXX i love it soooo much." Padahal denger juga blom pernah. --> ya siapa tau emang cinta, emg produknya bagus. kan gpp toh blg 'love it so much'

    8. Review kamu positiiiveee semua, kayak ibu-ibu hamil. Karna takut kalo review jelek nanti gak "dipake" lagi ama brand lain. --> ya namanya belajar, emg mesti komen jelek terus? ya kalo si produk itu banyakan komen jelek, ya buat apa mereka nyiptain produk kecantikan sih?

    Btw, Biarin aja sih, suka - suka orang mau review apa gimana. Siapa tau orang - orang itu pake foundationnya seharian di rumah? Coba liat itsjudytime di yutup deh, dia tested out makeupnya di rumah seharian nggak apa -apa tuh, santai aja. Coba kalau mau bikin postingan ginian, kasih saran juga lahh. Jgn koar - koar trus angkat tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sori aku komentar, tapi Mada dateng lho ke event Lancome final duel di GI ^^
      baik-baik aja koq, orangnya ceplas ceplos
      sebenernya lebih baik orang begitu, daripada diem-diem tapi dendaman nusuk dari belakang kan?? :)
      memang nobody perfect, ga ada satu pun orang di dunia ini yang perfect kan?? ^^

      Delete
    2. Lyne, thanks so much dear :)

      Buat anonim, poin 1-8 itu artikel dari blog Janine. MAafkan bahasa ku yang kurang berkenan nerjemahinnya.

      But fyi, i do wear those VIVA along with my Sari Ayu foundation, you can ask all my choir member :)

      Delete
  18. Kayaknya lagi trend banget ya "berlindung dibalik anonimitas" :D. Menurutku, karena Mada sudah melempar statement melalui post ini secara terbuka, jadi pastinya Mada juga bakalan menerima kritik dan diskusi secara terbuka. Tapi kenapa ya, kalau aku perhatikan akhir2 ini, setiap mau komen nggak setuju mengenai sesuatu harus menyamarkan identitas?

    Tapi aku setuju dengan pendapat rata2 para komentator disini, walau sangat sangat nggak setuju dengan cara penyampaiannya yang nggak sopan.

    Bagiku, blog itu sebuah jurnal pribadi sih Mada. Milik pribadi, walaupun bisa diakses oleh banyak orang. Jadi mau diisi apapun, ya terserah kepada blogger yang bersangkutan. Mau dibuat dengan tujuan ikut giveaway, cari gratisan, cari uang, atau cari jodoh sekalipun, itu bener2 hak si pemilik blog ^^. Ya tentunya nggak 100% bebas karena ini media sosial, tetep ada batasan misalnya mengenai sopan-santun, SARA, dan yang sejenis itu. Tapi mengenai tujuan blogging dan konten blog itu sendiri, asal nggak menyimpang dari norma-norma di masyarakat, menurutku itu bebas, sepenuhnya hak si pemilik blog.

    (Konon katanya sih) nanti pembaca yang menilai. Kalau blognya dinilai bagus, menghibur, memberi review akurat, atau apapun-yang-dicari-pembaca, ya pasti bakalan banyak dibaca :).

    ReplyDelete
  19. Hi Kak Mada :D
    aku termasuk org yg suka baca blog kakak :) krn reviewnya kakak itu mostly detil dan akurat.. aku pribadi sih menganggap kalo blogger yg review produk lbh dari 3x dalam sebulan itu ngga salah :)
    we only do what we love, don't we? jadi kalo bisa dapet freebies dan bisa blog apa yg kita suka, why not? ^^ aku pribadi jg bkn org yg bs beli byk produk terus menerus dlm sebulan, jd giveaway prizes and sponsors itu termasuk blessings kalo buat aku :) tp honor krn bs dipercaya sponsor, jd hrs ngelakuin sebaik2nya dan ga cuma review yg bagus2 aja :p
    maybe next time sbaiknya coba sharing tips2 aja kak mada.. no one is eligible to judge ourselves except the person itself :)

    IMHO ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak salah banget kok, mau sehari review produk sehari 2 kali sebulan 2x30 = 60 review jg gapapa. Malah jago :)

      Thanks for stopping by :)

      Delete
  20. wah wah, rame bener ini :DD

    Mungkin tujuan Mbak Mada baik, yaitu untuk memajukan beauty blogger di Indonesia. Tapi, penyampaiannya saja yang kurang tepat, seakan-akan Mbak Mada yang paling benar dan ada beberapa pihak yang kurang suka. Persepsi orang beda kan ya, wajar kalau menimbulkan pro kontra.

    Setuju dengan Mbak Arum. Kalau masalah blog mau diisi apa saja, aku rasa itu tergantung si empunya blog sih. Tapi, karena blog adalah social media, tentunya tetap ada batasan-batasan dan etikanya. :D
    Lagipula, pada dasarnya kan ngeblog itu untuk bersenang-senang, kalau bisa dapat duit kenapa tidak?! Kalau ada yg sampai galau krn nggak dapet sponsor dr ngeblog, nah baru aku nggak suka. :D

    Jujur sih dengan membaca komen-komen di atas dengan nama aninomous, aku nggak pengen IBB jadi terlihat seperti mempunyai "gap" antara staf dan yg bukan dengan adanya pos-pos yang terkesan ngejudge (atau memang sudah ada "gap?"):))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Monica, staff IBB ada GAP memang. Baju merek GAP ahahaha...

      Gaklah, asumsi dari mana tuh ada GAP diantara staff, karena sibuk susah ketemu emang komunikasi kita kebanyakan via digital nduk :)

      Tentu, ada etika di social media, tertulis maupun tidak :)

      Dan untungnya saya bekerja di sosial media, eheheheh...

      Delete
    2. Mungkin maksud Monica bukan GAP antara staff IBB, tapi GAP antara para staff dan anggota2 IBB lain.

      *iya bukan Mon?

      Delete
  21. Hi Kak Mada,
    Setelah aku baca postnya kak mada, aku anggep itu sebagai masukan buat aku sebagai beauty blogger baru yg masih blm ada apa2nya dibandingin beauty blogger laen *minder* wlpn cara penyampaiannya blak2an ya kak..but thanks anyway, I try my best to be a beauty blogger.

    IMO, tiap beauty blogger pny ciri khas masing2 saat membuat post, mereview product, dll..yg penting jadi diri sendiri aja..tp jgn sampe mengubah keunikan dari blog masing2..apapun yg dia post, selama itu jujur dan bermanfaat buat pembacanya, aku pikir ya ga ada masalah..

    With love,
    Michelle

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul dear, tetapi tetap jangan cepat puas yah :)

      Pertahankan keunikan kamu dan teruslah haus sama trend terbaru dalam make up :)

      Delete
  22. Wadoooww.. Ribut dah akhirnya.. Hihihi
    Thats why akir2 ini gw ga pernah dtg ke acara2 undangan. Thats why gw ga pernah ngeblog soal biuti lagi (selain lg gada waktu juga siiih). Thats why gw ga pernah ngasi ripiu kalo company ngasi gretongan (bkn mksd ga menghargai siih..) dan banyak thats why thats why lainnya..

    Kembali ke postingan mada kali ini, gw setuju ga setuju sih. Setujunya, banyak blogger yg kesannya ngejar target bgt. Dan yaaa bikin blog jd kayak latahan deh. Entah pngn eksis apa gmn??
    Nggak setujunya, terserah dong jeng mada org mau nulis apa. Blog ya blog diee ngapa jd banyak aturan sih meati gono gene.

    Daaahh ah.. Emg paling asoy jd independent blogger aje. Kagak ribet banyak rulesnye...

    Alasannya knp?
    Karena gw malas dan gamau terikat sama apapun! My blog is my own world. Gw ga pernah moting ttg SARA, atau menghina atau mencerca org lain. Tapi, gw juga gasuka diatur2 harus ini-itu.

    ReplyDelete
  23. Hoooooosh, kenapa jadi rame begini... yg anonim2 di atas rada kasar juga sih (kenapa juga harus pake anonim kalo comment?).., tapi postingan kamu kali ini emang imho kontroversial maaak,

    komentarku seperti yg udah aku comment di post nya hanna..agree ama arum n catra, bloggin is fun n terserah si empunya blog mau di isi apa n d bawa kemana selama yg punya blog asik2 aja n gak punya goal apa2,istilahnya kalo ke pembaca `suka silahkan dibaca, enggak ya no problemo`..,

    kalo dia punya sudut pandang bahwa goal terbesar dia `bloggin yg hebat adalah seperti staf2 IBB` ya emang bagus banget mantengin post2 macem begini...


    yang aku gak setuju di tulisan kamu dan Hanna itu kayak ada pembedaan kalo blog yang baik itu begini, terus kalo yang begitu itu gak baik.. menurut ku semua blog itu bagus2 aja, karena apapun itu pasti dia butuh `usaha` buat nulis walopun cuman copas giveawa... pertanyaanku,aku masih gak paham point tulisan kamu ini apa? kalo jadi sell-out blogger begitu gak baik kah mak? apa yang salah? hehehe...

    Inget waktu kamu comment panjang lebar di postingannya Lina yang menurutmu nge-judge beauty blogger yg mesti kaya, mesti punya duit lebih buat blanja-blenji makeup, bla-bla... mungkin maksud dia cuman ngungkapin uneg2.. tapi buat beberapa orang (termasuk kamu..hehe) post nya dia nge-judge (yg akhirnya post dia dihapus), menurutku itu sama aja kayak postingan kamu ini.. kamu mungkin punya tujuan baik, tapi buat beberapa orang postingan kamu nge-judge ( aku sih gak ngerasa di judge yah, lha wong dari 10 itu gak ada semua..hihihi)

    i know maksud kamu mungkin bikin member IBB lebih teratur, lebih tertib, lebih sukses (yg sampe saat ini aku gak ngerti goal dari blog sukses itu kayak apa,ntar sukses kayak yg di blog nya Hanna.. eh ternyata yg begitu itu sell-out blogger..weheee)

    cuman imho emang sepertinya postingan2 begini harus di hindari yah, demi `perdamaian` bersama... hehe... walopun sekali lagi, blog itu hak mutlak milik penulis, mau di isi apa aja bebas2 aja sih... termasuk blog kamu mau d isi apa aja juga bebas2 aja.. hehe

    saya pinginnya bloggin itu di buat sante2 aja... punya komunitas yg fun, tempat saling berbagi hobi yg sama..bukan kompetisi kalo begini baik, begitu enggak.. saya rada terganggu kalo ngeliat sesama blogger saling menyerang satu sama lain (walopun secara sindir-menyindir).. kayaknya kok jadi blogger berat banget gituh... hehe

    udah ahh, semangat semuayaaa,lakukan apa yang menurut kalian terbaik.. termasuk kamu maaaak... hehehe... *peluk kecup aaahhhhh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's all part of the strategy mak.

      Gue sih mau dapet duit lewat blogging, tapi... CARANYA.

      Dan poin 1- 8 itu bukan buah pemikiranku kok, terjemahan dari artikel luar negri. Dan ini semua ada tujuan jangka panjangnya kok.

      Mak, obat itu terkadang pahit. Ini gue jg belajar kan dari kepahitan, hikmah apa yang bisa diambil.

      Buat pembaca kalau mau ngeliat ini ngjudge atau nyindir silahkan, kalau mau ngeliat ini sebagai satu fenomedan dan cepat mengambil kesempatan ya silahkan.

      Thank for your comment ya mak, miss you anyway.

      Delete
  24. Morning all :) I'm a pure reader... That's why I choose anonymous :)

    Mbak mada menulis ini, nothing bad!! Nor even a little dear.. Article yg mbak bawa pun tidak berat sama sekali, karena semua itu tergantung dari hati yg membaca..

    Ada yg merasa tersindir karena memang ada yg pernah melakukannya dan dia merasa ini fine fine aja kok.. Kok mbak mada tulis seperti ini sih(merasa tersungging).. Coba kita lihat, yg pada comment pedas, bahkan nama pun tidak berani menungkapkan, apa boleh kita anggap itu sebagai comment atau review, mikir2 sih bisa dianggap nihil hehe...

    Di Indonesia, freedom of speech sudah kurang, mungkin bahkan tidak ada, siapa yg membuat keadaan seperti ini dear? Apakah bukan setiap dari kita yg comment pedas? Karena yg dibicarakan itu "kena banget ama gueh", jadilah pertengkaran.. Jangan lupa, di artikel itu tertulis " Tapi yang bikin agak-agak ganggu sih buatku, ya itu.. ya mosok baru dapet foundation kemaren hari ini udah bisa review." Buatku... Ini kan pendapat dia saja, mengapa kita tidak bisa menghargai pendapat org lain, dan malah menganggap itu sebagai bumerang? Hey girl, percaya diri itu diberikan oleh diri anda sendiri, ketika org lain buat artikle yg langsung kena ke hati, langsung comment2 pedas pun keluar? Hellow... Anda memang cewek gampangan!!! Gampang tersindir, gampang sakit hati, gampang TERBACA "pendidikan terakhir anda" hehe.. Maaf agak sedikit keras.. Tp saya bener2 berharap, title pendidikan anda adalah ANDA dalam menangani masalah, ANDA dalam berbicara, ANDA dalam berfikir.. Bukan itu ijasah cuma dipampang tinggi di atas TV saja :)

    Anywei, buat saya, saya membaca ini sebagai 1 artikel menarik! Karena ini bersifat edukasi, cuma maaf saja bagi yg tersindir, mungkin ada masalah dengan diri anda sendiri...

    Note : jika hati bermasalah, melihat batu pun serasa mau dilempar ke tempat tinggi ; jika hati sedang bermasalah, apapun di depan mata anda, anda rasa itu bumerang buat anda...

    Salam sejahtera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga belajar kok, dari postingan ini. Really. I have to manage my language, karena kadang apa yang kita sampaikan tidak selalu bisa diterima dengan baik bahkan secara lisan. Apalagi lewat tulisan yang beda titik koma artinya bisa beda.

      Thanks ya sudah mampir :)

      Delete
  25. Hello smuanya ^^
    Sudah'' jangan pada ribut lg..
    Nobody perfect! Smuanya balik ke pribadi masing''.
    But IMHO, aku sih terserah pada pemilik blogny masing''.
    Secara mereka yang punya blog. Mereka punya rule mereka sendiri baik atau burukny dalam nge-blog..
    Happy holiday! And GBU all! Xoxo

    ReplyDelete
  26. Hayo-hayo yang anonim buka kedok dong biar terbuka sama-sama enak, kita disini sama-sama memperbaiki diri bahkan Kak Mada sendiri. Dengan postingan ini kan Kak Mada juga dapet feedback yaa .. :))


    Kalo masalah sell out blogger itu menurutku gak masalah asalkan gak menyesatkan, kita jadi blogger kalo misal dapet sponsor atau apapun ya tetep harus jujur .. dan produk itu juga cocok2an jadi kita pun gak bisa ngejudge juga kalo si blogger itu sell out banget karena reviewnya terlalu perfect *lah kalo emang di dia gak ada cacatnya mau gimana ?. Masalah 3 kali sebulan review produk sponsor itu menurutku juga gak masalah yaa itu namannya ngehargain pemberian orang lain LOL kalo emang dia dalam sebulan emang dapet sponsor banyak masa yaa gak direview ? tapi tetep yaa ngereviewnya tetep harus jujur.

    Cuma mau kasih masukkan aja penyampaian bahasa di postingan ini, kita emang kudu jadi diri sendiri tapi kan harus ngerti tempat dan lain-lain. Jadi biar orang gak salah persepsi .. niat kita yang baik tapi malah disalah artikan jadi negatif sama orang lain kan kita sendiri yang merugi. Jadi saran yang disertai hinaan itu kayaknya kurang tepat yaa melihat Kak Mada ini staff IBB yang jadi panutan kita. Kita si pemberi kritik pun juga harus berkaca "aku kritik ini apa aku udah bener" biar orang yang di kasih kritik gak sewot balik "lha lo sendiri kayak gitu" karena ada ada loo orang2 yang seperti aku yang sama sekali menerima gak menerima kritik dan saran dari orang lain yang menurutku gak berkompeten walaupun dia saudaraku sendiri bahkan orang tuaku sendiri karena prinsipku "perbaiki diri sendiri sebelum memperbaiki orang lain" jadi kalo diri sendiri belum bener jangan pernah berani-beraninya nasehatin orang lain *serem ya aku :D* hahaha ..

    Mudah2an postingan ini plus komentar-komentarnya bisa buat cerminan bersama yaaa .. Amiiin




    ReplyDelete
  27. mendengar namaku terbawa, aku pun mampir :D

    tadinya udah nulis panjang lebar tapi kenapa ilang gak ngerti -_-" jadi singkat aja deh
    kayaknya disini anon ini ada banyak deh, gak cuman seorang? *considering sekararum bilang lagi ngetrend yah??*

    honestly imo, blog itu mau dijadikan sell out atau gak dari bloggernya yah terserah bloggernya lagi. di blog yang dilink itu juga setelah aku baca, kayaknya nothing's wrong being like that. tapi konsekuensinya adalah, reader jadi malas baca, dan ogah mampir lagi. so it's your loss

    lagipula kayaknya tips sell out bloggernya yang dilink itu u/ fashion blogger? ive met with diana rikasari and michelle koesnadi before and we talked about the difference between us. fashion blogger itu cuman milih baju yang sesuai dengan style dia, yang dia suka, karna kalo gak dia kaga akan pake, which is true. kalo style fashionnya tiba2 berubah, pembaca jg bingung kan. kalo make up kan gitu2 aja sbenernya, cuman cobain lipstick baru, ato bedak baru lol

    and for me, being a beauty blogger that reviews products, i have to receive and test it first whether it is good or not. so the point is, "you receive products that you wont use" is out of topic for me.. karena aku gak tau aku akan suka sama produk itu ato nggak sebelum aku cobain @_@; yah itu, aku sih yaaa...

    and about sponsors, setauku temptalia itu hampir SEMUAnya dikasih langsung dari brand-brand beauty di usa u/ direview, dia gak beli sendiri. yah orang seabrek gitu masa beli, duitna darimana -.-"

    as for me, aku memang udah gak pernah belanja make up lagi, karena sebenernya juga itu make up yah gak akan abis bok sampe berapa taon. cuman, banyak yang nanya "udah coba ini belon?" "udah coba itu belon?" dan buatku sponsorship itu menguntungkan banyak pihak
    aku bisa dapat make up gratis untuk bagi2 review dan info di blog
    pembaca bisa dapat info dengan lengkap, untuk mutusin beli barangnya atau enggak
    brandnya naik daun lol

    tapi tetap aku slalu state ke stiap brand atau os yang mau kerjasama ama aku, kalau pembacaku percaya reviewku karena aku kalau suka produk yah aku puji2, kalau enggak, yah aku jelek2in. it's just that simple.. karena aku tau kalau reviewnya itu gak jujur, pembaca tahu, dan gak ada lagi yang percaya sama aku kan
    dannnn, sponsor oke oke aja kok :D


    sekarang balik lagi sih, apa kalian mau ikutin tipsnya mada atau enggak.. mau yah oke, enggak juga gpapa, itu blog ya blog kalian kan. do it your own way
    menurutku gak ada yang salah atau enggak dari suatu blog, dan aku setuju biarkan pembaca yang menilai, kalau memang blog itu bagus, pasti akan terus dibaca kan :)

    sebenarnya ini topik yang menarik, cuman memang cara penyampaiannya aja sih yang memang agak kurang enak, karena memang kesannya ngejudge banget
    for me, blogging is supposed to be fun, dan komunitas itu sebenernya yah dibawa enjoy aja..

    gitu aja sii, kalo ada yang salah aku minta maaf :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for stopping by dear :)
      Congrats again for the awards, so proud of you XOXO

      Delete
    2. Idih. gakusah sokmanis deh Stella. lo juga sering ngomongin mada di belakang.

      Delete
    3. wah stella busuk dong ya ? sering ngomongin orang di belakang ?? di depan manis manja ?? gue sih muak banget liat dia, tuh semua barang review dia di kasih gratis dari online shop, ngemis atau maksa ?? lol

      Delete
    4. Tergantung pandangan orang aja kali ya,mgkn stella ada trouble ama mada dengan sifat mada yang buruk, tapi stella berusaha profesional buat tidak menampilkan ketidak sukaan dia.. Cuma gimana org mandang aja kali ,kalau dirasa cari muka atau manis manja itu sih persepsi orang aja.. Onlineshop juga bukan orang bodo kali ya mnrt aku,ga mgkn bisa dipaksa

      Delete
  28. owoww...rame ,wahai anonymous unjukan diri kalian,jangan ngumpet gitu atuh hehe ^_^

    kalo buat gue pribadi ada setuju dan enggaknya
    setujunya adalah k mada dengan brani membicarakan hal yang gampang menjadi bahasan kontroversial dan gue yakin niatnya biar beauty blogger gak salah arah dalam ngeblog,yang berujung ngeblog menderita karna gak kunjung dapet sponsor akhirnya otak langsung geser menjadi gila,itu kan berbahaya bagi mental kita *piss* :D

    cumaa....ada cumanya nih,cara penulisannya itu terkesan tidak enak di baca,gue udah kenal k mada bberapakali di event,emang ngomongnya rada nyablak ala betawi kece gitu cuyy ^_^ hehe ,tapi baik kok dia..

    dan selain itu karakter masing" orang juga berbeda" kok,misal si A orangnya kalo ngomong itu nyablak abis pedes sepedes merica ,nah si b kalo ngomong baku banget dan tertata,nah seperti itulah blog ,masing" juga mempunyai karakter berbeda ,tergantung dari si pembaca,ketika pembaca sudah memasukan pikiran negatif,berubahlah tulisan yg di baca menjadi hal yang benar" negatif,dan sebaliknya...

    dan gue pribadi ngeblogg itu terserah masing"dari orangnya,mau dia niat ngeblog nyari uang kek ..monggooo...*lumayan kan cyn iseng" berhadiah wkwkwk
    mau niat ngeblog buat jadi artis kek,bintang papan atas kek...monggooo...,rejekinya mereka itu berarti lewat blog :D

    cuma tulisannya belum di rinci in satu" solusinya apa biar enggak kaya yang di tulisan di atas,so terkesan men judge gitu kalo org baca...

    btw kalian baca deh tulisan di paling akhir-->>

    I will talk more about this on IBB Gathering Akbar, tanggal 17 November di Rumah Cantik Citra, Tebet jam 10 pagi. Kamu blogger, dateng aja langsung. CUS see you there. And debate me<<---- noh noh,k mada mau jelasin rincinya di IBB gathering akbar nanti >.<,soalnya rincinya bakal di kasih tau di gathering nanti ^_^,lu mau berdebat ampe berbusa monggo tuh dia persilahkan:D :D,jadi cukup berselisihnya nona anonym,gak akan ada habisnya karena penjelasan nanti di acara gathering IBB

    oke sekian saja komentar dari gue ,kalo ada salahkata mohon maaf ,dan juga sekalian gue mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1434 H bagi yang merayakan, semoga di tahun ini kita diberikan kesehatan dan kemurahan rezeki #amiin ^_^

    ReplyDelete
  29. kalo gw simple aja, karna blog gw, ya suka suka gw mo gw apain mo gw review kek mo ngasih/dapetin giveaway kek terserah gw diri sendiri ,, ga mo ambil pusing sama omongan pedas, panas, kebakar sekalipun,,, so, kalo lo suka ya jalanin,, kalo gak ya gak usah tanggapin n jngan ganggu ama yg punya urusan.. simple kan... ? gak ada yg perlu dipaksain kalo yg satu ngomong A semua harus A, ya semua balik pada diri sendiri aja sih....

    ReplyDelete
  30. Wah sis mada nih termasuk orang yg blognya sering gue kunjungin. Tapi menurut gue blog sis mada kurang bagus ngasih review ttg kosmetik maupun FOTD.

    1. Kamera yang dipake kualitas buruk. Standar. Kayak kamera HP. Jadi foto asli produk baik warnanya punya resolusi kecil. Kita reader jadi ga bisa bedain dan ga puas beda warna blushon satu dg lainnya. So, meski mada adalah blogger senior, gue rasa dia butuh instrospeksi juga kalau mau nyaingin stella atau hana. Yah, meski gue rasa mereka gak pada saingan. Tapi, come on... beauty blogger nulis blog, untuk dibaca orang kan? Untuk membantu org mau beli produk kan? Untuk membantu perusahaan review produknya kan? IBB ga bisa bilang ini blog adalah diary, bisa seenak udel nulisnya. Kalau mau enak, ya independent blogger aja. Kayak Lovely Lue Lue.
    Karena, contoh, gue adalah humas brand ternama, trus gue milih beauty blogger buat review produk gue, gue pasti pilih yang paling maksimal dan terkenal objektif kan? Gue ga mungkin ngasih job ke beauty blogger yg ngomongnya nyinyir meski produk perusahaan gue jelek. Minimal, gue suka review ke Hana atau Stella. Kalaupun produk itu ga cocok, dia akan kasih saran pemakaian, ga asal cablak.

    2. Kayaknya sist mada ni office worker ya? jadi wajar kalo dia orderannya sepi buat sample produk dari perusahaan dan nyoba nyoba makeup, karena dia punya tanggung jawab selaku karyawan, jelas beda ama Stella yg independent dan masih muda. Dia banyak waktu luang untuk jd pengusaha "beauty class" Jadi wajar kalo Stella bisa review produk bejibun ampe bikin pusing. Mada? emang mau dipecat ama bosnya ngurusin kiriman brand?

    Gue komen ini dari sisi pemberi sampel produk ya, if in case gue adalah humas dari perusahaan beauty kelas ternama *can't said*

    Pada dasarnya semua org punya passion masing masing, IBB ada buat komunitas dan memudahkan perusahaan kosmetik juga, jadi ayok dah saling bantu aja dalam hal marketing research.

    Dan satu lagi, gue ga tau, apakah mada secara sengaja nulis blog kontroversial ini demi Citra Whitening? :p karena ini secara ga langsung bikin orang pengen debat mada ke acara itu dan voilaaa, Rame!

    Kalo emang itu tujuannya, you did a good job Mada! Welcome to the beauty company as a marketing strategy! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak, sudah baca postingan saya yang setelah ini. Plis plis plis baca donk, dan kasih saya insight, lagu haus banget pengen improve neh mbak.

      Anyway, kurang bagus review saya mengenai content atau picture quality mbak Nit? Kalo soal picture quality sih aku NGAKU "guilty as charge" eheheh...
      Kameranya gak jelek-jelek amat kok mbak, CANON and Sony CyberShoot,cuman aku emang gaptek abis kalo settingan kamera *pengsan*

      Nah kalo masalah content,. i humbly think it's not that bad :)

      Itu emang tujuan kita di IBB mbak, kenapa saya jarang maju, karena saya sadar diri. Saya dapat banyak tawaran banner dkk dari perusahaan kosmetik Korea, but i took my blog very seriously, it's my brand. Saya hitam legam, gak mantesin pake produk Korea, jadi saya memilih pass ehehehe....

      Dan emang memilih blogger-blogger untuk direkomendasikan ke perusahaan itu adalah tujuan saya, karena you know.. All beauty company is very specific nowadays kan Mba.

      I truly am thankful for your insight, please don't stop give me input mba. Thank you so much ya...

      Delete
  31. Dari kemarin saya sudah memperhatikan posting dan komentar2 di sini. Saya mikir, ini kok empunya blog ga nongol-nongol ya? Minimal kita-kita para nona anonim dan komentator yang sudah berberani menunjukkan nama ditanggapi pendapatnya. Nggak semua komentator di sini dapat datang ke acara Citra Whitening besok untuk mendebat kamu kan, Mada? Dan lagi, kalaupun ada salah satu atau dua komentator yang datang yang mau meliput hasil debatmu besok, apakah akan akurat? Kalo guwe sih, udah duluan males buat meliput acara debat. Kecuali situ bayar guwe. (nah to, judgelah saya sebagai sell out blogger). Hehehehe..

    ~Aduh, saya kok jadi kasihan ya, sama Citra. Karena promosi eventnya harus pakai postingan yang kata-kata malah nggak ngenakin macam begini. Hehehe~

    Begini sih Mada. Mayoritas pendapat saya sudah diwakili oleh semua yang berkomentar di sini. Cuma saya ingin saran dikit untuk IBB. Dengan dirimu dan beberapa staff IBB (staff ya, bukan anggota) menulis posting yang membentuk suatu paradigma "ngeblog yang bagus itu begini", "jangan jadi sell out blogger", "kalau menuju event harus begini", dsb. Okelah, menurut kalian ini demi kebaikan bersama. Tapi apakah itu malah cenderung mengkotak-kotakkan blogger? Atau dengan kata lain mengkerdilkan kreatifitas para blogger-blogger di luar sana?

    Menurut saya, kegiatan ngeblog itu berbeda dengan kegiatan menulis di media komersil seperti majalah digital di mana setiap penulis diharuskan memiliki visi-misi yang sama. Berbeda dengan ngeblog. Setiap blogger memiliki visi-misi masing-masing. Ada yang ingin giveway, ada yang ingin diundang, mendapat produk, dsb. Kita tidak dapat mengatur parameter sukses menurut blogger a,b,c itu seperti apa, karena kesuksesan itu adalah hal yang abstrak. Dan sebagai sesama blogger sangat tidak pantas menilai sesamanya dengan judgemental. Kecuali situ adalah editor sebuah majalah macam Anna Wintour dan kepingin majalahmu sempurna. :D. Sejauh ini, saya belum mendapat kabar kalau IBB berubah menjadi majalah komersial.

    ~Masa, orang lagi hepi dapet produk kesukaan, ngetwit sana sini, terus langsung dicap sebagai sell out blogger? Jahat banget. Padahal orang itu baru saja mendapat blessing dan pencapaian sebagai beauty blogger, misalnya. (saya malah pertama kali mendengar istilah sellout blogger dari blognya kamu)~

    Kalaupun kamu ngejudge blogger-blogger di luar sana, apa untungnya buat kamu? Katanya kalau sebuah blog itu memang sudah bagus, ditulis dengan jujur dari hati atau apalah, rejeki bakal datang sendiri. Pembaca dan brand produk bisa menilai kok mana blog yang worthy untuk dipakai. (aku ikut-ikutan istilah Mada yang "blogger dipakai"). Lucu juga. Saya akan pakai istilah itu kapan-kapan.

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir, very powerful insight.
      Maafkan bahasa ng post saya yang kurang sopan, jadi menimbulkan kontroversi.
      I will do better on my next post.

      Delete
    2. Wah si andhika lady maharsi matanya katarak ni keknya :))
      masak dia bilang si empunya blog ga nongol2..
      wkwkkaka kocak anda..Itu ka mada aja jawab statement lo..wkwkakaka
      picek lo andhika lady maharsi..LOL

      Delete
  32. Sorry, kalo g pengecut...g pake anonymous,
    You know what lah...
    G disni mau ksh tau, kalo seorang blogger, dan blognya. Ga perlu diatur atur...
    Harus begini begituuu

    Klo u bs bacot kriteria diatas.
    U harus kick stella lee dan carnelin dulu.
    Karena mereka blogger sell out.
    Dan g liat IBB isinya org pengecut.

    Ktnya dilarang promosi diri, minta vote,dlll
    Nah stella lee minta vote axis, promosi do ibb, boleh tu. ga ada dr kalian staff negor.
    G si asik asik aja. Karena g dukung stella ..
    Bukan berarti, g ga suka stella, carnerlin, n blogger lainn.
    G mau, loe bisa nulis ini. Berarti u bisa praktekin.

    Tegor stella lee, carnerlin dulu karena dia blogger sell out.
    Oya g sering liat blogger senior, dia promosi postingan tentang prakarya dia yg cantik, ga ditegor? Ga berani?

    Uda deh, Ibb ni dibubarin aja, isinya sirik, kacau.

    Intinya,loe iri sama stella, dan blogger lain yg laku disponsor, kalo loe ga ada yg mau sponsor, makanya , loe bikinlah tema kaya gini.

    Coba kalo loe kaya stella lee, entar entar disponsor. Apa berani, loe angkat topik ini?
    G jamin ga berani. Apalagi ditawarin etude ke korea. Ga munafik lah, blogger mana yg ga mau kaya stella?

    Sifat loe sama staff ibb lain beda, prisilia dan phanie, ga pernah sirik n ribet kaya loe. Mereka orang ramah.

    Intinya kalo loe mau bau bahas ini. Tegor dulu blogger sell out loe. Baru kita ikutin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hei dear, kayaknya kamu uda agak kelewatan deh. Kamu siapa sih sampe berani nyuruh-nyuruh bubarin IBB? Is it yours? Yang bener ajaaa.. -3-

      Kayaknya kak Mada uda banyak banget ngeluarin permintaan maaf untuk cara penyampain dia yang ga enak diliat, and she do it at a lot of comments dude. Ya udah sih, ga usah dipanang-panjangin. Kayaknya kamu uda mulai bias deh. Jadi beleber, tumpah, smudge kemana-mana. :P

      Setuju kan kalo blog itu tempet nyampein aspirasi pribadi? Jadi suka-suka kak Mada lah, apa yang mau disampein disini. Ga suka boleh, comment negatif boleh, tapi apa ini ga berlebihan ya? Mana sampe bawa-bawa blogger lain kayak Hanna & Carnellin. Is it too much dude? IMHO, dengan cara kamu comment yang uda mulai berbau spam gini, attitude kamu sih jelek banget loh. I hope you're not a lady. You have a BAD attitude. :)

      Dan buat Kak Mada, ah.. abaikan saja kak, si anonem ini. Postingan kakak oke koq. It's your opinion, and this is you blog, so feel free to write. ^^ Ini jadi kontroversi kan karena blog kak Mada cukup populer, jadi banyak yang baca, dan banyak yang kesentil. jujur aja, aku berasa diomongin. hahaha. But, it's okay. AKu juga udahan. Make up can't deal with me. Memang lebih menyenangkan travelling dan naik gunung. hehehe

      Semoga IBB bisa lebih oke, tapi kalo boleh saran, jangan terlalu idealis. Saran ini bukan buat kak Mada koq, buat IBB. hehe. Jelek bagusnya blog seseorang, toh dia sendiri kan yang akan ngerasain untung ruginya.

      Sama satu lagi, postingan ini keren! Pinjem istilahnya Roma, "You drop the bomb" dear. ^^

      Delete
    2. Hi Cella,

      Chill dear, nanti ada kerutan *kasih oren jus*
      Dear, take care of your skin ahahah... apalagi suka outdoor activities, skin care regimen itu penting banget.

      Thanks for your nice support, burst my tears :')




      Hi anonim, makasih atas masukannya yah. Saya pribadi jarang bisa kontrol ke grup karena saya bekerja. Saya kalau ketauan onlie di jam kerja waduh matilah saya.. Dan kita semua staff juga bekerja, maaf ya kalau ada postingan yang keteteran, yang OOT gak disapu2 bersih. Nah, kalau kamu mau bantuin kita untuk ngasih tau postingan OOT. Kita akan sangat berterimakasih ke kamu :)

      Saya herannya, dapat banyak tawaran dari kosmetik korea, tapi saya gak pernah ambil. Karena saya gak "sreg" gak mantesih perasaan saya, saya hitam. Kalau ulzzang kan cantik-cantik dan putih-putih tinggi lagi, gak deh ahahaha... saya malu.

      Dan saya gak minta diiukuin loh, saya aja masih suka "jatuh-jatuh" masa saya tega ngajakin yang ngikutin saya jatuh bareng? Kesian, biarin aja saya jatuh, yang lain belajar aja dari kejatuhan saya. Semoga gak jatuh kayak saya.

      Makasih ya anonim, udah mau mampir ke blog aku :)

      Delete
    3. Kayaknya, gw tahu anonim di atas gw.... Dari cara dia nulis, mirip tulisannya Lulu Putri Wijaya...

      Delete
  33. Maaf ikutan ngomong..Saya juga Blogger,tapi bukan anggota IBB. Saya sering mengikutin perkembangan IBB,karena pengen lihat gimana Blogger Cewek Di Indonesia.Menurut saya IBB tu terlalu banyak aturan dan ada persaingan,sehingga perkembanganya gak sehat. Coba deh anggota IBB gabung sama Grup-grup Blogger lain,biar tahu lebih banyak perkembangan dunia Blogging itu seperti apa,biar gak ngerasa paling Hebat. Kebanyakan Blogger Cewek Indonesia masih jauh loh tertinggal kemampuannya dr Blogger Cowok walaupun yang udah ngerasa paling hebat di IBB..Blogging gak cuma sebatas Nulis dan Posting,masih banyak yang lain.
    Ayolah jadi Blogger yang saling membantu, bukan saling mengejek dan menghujat....
    Happy Blogging

    ReplyDelete
  34. Entah kenapa Mada memilih diksi "debat" di atas yang memang rada mudah mengundang kontroversi yah. Akan lebih enak juga kalau yang dipilih adalah diskusi. Kasihan brand yang dibawanya. :( Ya memang ada kata diskusi di atas, tapi closing yang di bawah itu, menyentil.

    Secara sadar, pun beberapa orang sudah paham bahwa salah satu keuntungan menulis adalah fame, and finally UANG. Semua writer (I assumed that blogger is writer, journalist) memahami kondisi ini. Kalau ada yang bilang menulis tidak mencari popularitas, stop menulis banyak-banyak. Stop menulis yang akhirnya membuat kamu mendapatkan spotlight, stop menulis yang akhirnya memberikan kamu popularitas. Dan setelah mendapatkan popularitas yang namanya uang mengalir deras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for dropping by, couldn't agree more.
      That's why i beg you to read my new blog post. And please share with me your insight :)
      So we all can do better next time.
      I love powerful insight so i can learn.
      hehehe..

      Delete
  35. halo semua :)

    Carnellin disini, pertama-tama .... kok ada nama guaaaaaaa '0' wwhyyyyyyyy....

    sejak kapan gw jadi blogger sell out ya?! Last time I checked kaga tuh, mau sponsor kek mau kaga, kalo emang produknya ga bagus ya, ga bagus gak sih?? tapi kan cara ngomongnya sopaaannnn jangan menggunakan kata-kata kasarrr, itu ajah. kalo emang bikin gw jerawatan, gw stated bikin gw jerawatan, kalo baunya ga enak, gw stated baunya ga enak. aya naonnnn?

    sekarang bicara soal kebebasan, kebebasan mada juga toh buat bicara apapun yang dia mau, wong ini blog dia kok. kenapa anda datang marah2 di 'rumah' orang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. carnellin gak ngerasa aja kali ya kalo elo blogger sell out
      di sini gue ngerasa elo emang gak dapet dari sponsor online shop, tapi bukannya itu produk bejubel dikasih juga GRATIS intinya dari brand? IMO kalau bukan mau sell out, beli sendiri produknya, bukan dikasih -_- yang namanya sponsor itu emang msti yang kerja sama? mesti online shop?
      dan elu juga tiap event ditulis, produk belum ada berapa hari dari event, juga ditulis, bukannya disini mada juga nyindir elu secara gak langsung?

      dan kalau kata-kata kasar gak boleh, apakah baik bagi mada yang seorang staff untuk menggunakan bahasa yang nyelekit buat sebagian member? lah kalau ada orang pake bahasa kasar tapi gak nyinggung orang jadi lebih salah dari dia daripada mada?

      kalau mada bebas beropini, kenapa kita juga gak?
      mada ngeshare ini di facebook group IBB dan dia mau kita baca dong artinya, sekarang kita semua dateng dan kasih opini kita yang sebagian besar negatif, terus jadi salah? kita mesti selalu nurut ajakah?
      kalau mada enggak ngeshare dan nganggep ini personal, dia gak pengen ditentang, jangan dishare, jadikan blog anda blog pribadi, baru deh gue diem :D

      Delete
    2. gue nggak punya blog, dan mungkin kalau nanti di blog gue terus gue tulis tentang lo yang nggak baik, lo nggak berhak marah dong. orang gue nulis di 'rumah' gue. dan lagi, lo itu bego atau apa. ya jelas - jelas gue baca disini nggak ada yang blg lo sellout blogger tuh, dari komen - komennya justru malah belain elo dan blg lo & stella lee dapet sponsor dan banyak nge-review barang sponsor.

      itulah, staff IBB tuh pada gelap mata, kayak abege yg ngga tau orang - orang ngebelain dia, eeh dia malah balik nyerang orang - orang yg ngebelain.

      Delete
    3. aduh kayaknya lu stress banget deh, kenapa sih?

      Delete
    4. Ah, abaikan saja orang ini. Attitudenya parah. :) Masa seenak udel ngatain orang "Bego".

      Delete
    5. omg di anonymous ngomongnya >.<
      kayaknya ga pernah sekolah jadi ga pernah diajarin tata krama & etika ya ^^
      aduh jangan gitu lho,bikin malu orang tuanya, kirain punya anak ga disekolahin, kayaknya dirimu yang sirik dengan keberadaan IBB yaa :)

      Delete
    6. wkkwkw di postingan gak ada nyebutin nama sapa aja yang sell out blogger

      Delete
    7. anonymous (atas gw) :
      ada kok yang bilang gtu, cek dehh link http://cantiktanpabangkrut.blogspot.com/2012/11/sell-out-blogger.html?showComment=1353025061937#c2807900166877768141
      ------------------------------------------------------
      ka Mada,
      ehmmmm, selama ini silent reader dan belum pernah review produk kecantikan apapun..
      emang sih, dr bahasa penulisan ka Mada di post ini sangat bikin yang baca jd agak kesel yah..
      tapi saran nih ya, seharusnya di post ini pake b.indo semua (kali aja ada yg salah paham), trus tulis dg jelas bahwa point2 itu copas dan translate dr link tsb, kemudian, tiap2 point gtu ada bagusnya ditambah penilaian dr diri ka Mada sendiri, jd org2 bisa lebih ngerti apa yg ka Mada pikirkan..
      :)

      Delete
  36. setelah saya perhatikan, misi IBB semakin gak jelas arahnya. staff juga entah kenapa tidak bisa menjadi role model yang baik, saya benar-benar merasakan adanya gap dan kesenioritasan yang tinggi

    saran saya, mendingan IBB dibubarkan saja jadi gak ada deh bentrok bentrok gini, sebenernya tidak ada IBB juga tidak masalah kan, jadikanlah grup di facebook murni komunitas

    lihat grup stella lee yang lain, dia handle sendiri, dan nyaman gak banyak aturan yang terlalu ribet, malah bisa adakan event amal yang lebih berarti daripada sekedar ngeributin blogger harus gini gitu. dia menang best beauty blog aja gak nasehatin blogger aneh-aneh, saya bingung kenapa staff yang notabene *sorry* belum ada achievement terlalu banyak tetapi sudah merasa tinggi hati dan merasa pantas untuk mengkotak-kotakkan blogger

    just my two cents ;)

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. carnellin gak ngerasa aja kali ya kalo elo blogger sell out --- enggaaaa, tapi bisa jadi juga, bisa engga...penting banget ya buat eluu??


    di sini gue ngerasa elo emang gak dapet dari sponsor online shop, tapi bukannya itu produk bejubel dikasih juga GRATIS intinya dari brand? ---gratis sih, dari suami gueee

    IMO kalau bukan mau sell out, beli sendiri produknya, bukan dikasih -_- yang namanya sponsor itu emang msti yang kerja sama? mesti online shop? ??? ga nyambung deh???

    dan elu juga tiap event ditulis, produk belum ada berapa hari dari event, juga ditulis, --- loh kan emang gw suka nulis tg event... emang ga boleh ya... menurut gw itu menarik...bukannya disini mada juga nyindir elu secara gak langsung? BISA JADI, mada show yourself XD

    dan kalau kata-kata kasar gak boleh, apakah baik bagi mada yang seorang staff untuk menggunakan bahasa yang nyelekit buat sebagian member?

    eh sebentar apa hubunganya ini dengan mada sebagai staff ya? ini blog pribadi loh bukan blog IBB??? member?? mada ga hubungkan ini dengan siapapun sih, justru elu? Nah lho?? baca deh scroll ke atas...

    lah kalau ada orang pake bahasa kasar tapi gak nyinggung orang jadi lebih salah dari dia daripada mada???? apa hubungannya ya?

    kalau mada bebas beropini, kenapa kita juga gak?

    Iya di grup IBB kan, dan elu katanya kan bukan blogger, apalagi beauty blogger, lalu apa hubungannya ya?

    mada ngeshare ini di facebook group IBB dan dia mau kita baca dong artinya, sekarang kita semua dateng dan kasih opini kita yang sebagian besar negatif, terus jadi salah? kita mesti selalu nurut ajakah? --- kita itu siapa ya? apa definisi kita?

    kalau mada enggak ngeshare dan nganggep ini personal, dia gak pengen ditentang, jangan dishare, jadikan blog anda blog pribadi, baru deh gue diem :D
    AnonymousNovember 16, 2012 6:43 PM

    gue nggak punya blog......tuh kan ga punya blog..., dan mungkin kalau nanti di blog gue terus gue tulis tentang lo yang nggak baik, lo nggak berhak marah dong. orang gue nulis di 'rumah' gue. dan lagi,--- lo itu bego atau apa. ya ----- engga sih, gw yakin banget jauh lbh pintar dr elu...

    jelas - jelas gue baca disini nggak ada yang blg lo sellout blogger tuh.....kecuali elu kan...., dari komen - komennya justru malah belain elo dan blg lo & stella lee dapet sponsor dan banyak nge-review barang sponsor.

    itulah, staff IBB tuh pada gelap mata, kayak abege yg ngga tau orang - orang ngebelain dia, eeh dia malah balik nyerang orang - orang yg ngebelain.... nyerang???? kayaknya elu terlalu defensif deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dih nggak tau malu bgt ya lu Carnellin, anggota staff IBB paling tua tapi paling berisik dan kelakuan paling kayak anak kecil. Jawabanlu nggak ada yang berbobot, anak sma abis. Liat deh, Stella Lee aja ngga ada yang jawab dan komennya dia nggak bawel gajelas kayak lu hahaha.

      Delete
    2. ih tau dr mana carnelin paling tua? emaang dia paling tua? masa sih? ini pasti stelaaaa hahaha gw tau lu kan deket ama die dulu, trus dia masih di salon itu elu engga lagi elu benci kan? elu ga mau kalah kan? denger-denger dr gosiper lu banyak fake follower? akun2 twiter yang cuma idup buat follow lu ni.

      mau sell out, mau ngerasa org penting, attitude aja dibenerin, mentang2 selalu hadirin acara penting, selalu eksis, tapi jahat. percuma.

      Delete
    3. ia jahat banget tau ! dulu gw sempat berteman sama dia, sempat dia gosipin seseorang ke gw, dia jelek-jelekin itu cewe, padahal menurut gw yang jelek itu stella :p
      untung sekarang dia ga berteman lagi sama gw, sekarang gw berteman sama orang yang dia gosipin itu, and cewe ini jauh lebih baik dan jauh lebih cantik juga dari stelle :p :p :p
      dafuq

      Delete
    4. secara engga langsung lu udah nunjukin sifat asli lu di comment ini carnellin. ckckck next time hati-hati kalau mau comment, lu staff juga kali. member menilai staff sebagai "orang yang dipandang" mungkin beberapa member ngeliat staff sebagai role model atau motivasi mereka buat nge blog. ini contoh lu buat mereka ? kita harus bersikap kayak anak kecil comment dan engga jelas ngomong apa, marah-marah disini? gw kecewa ajah sama staff ibb. emang bener udah melenceng dan engga jelas.

      Tolong perbaikin diri kalian masing-masing. dan jangan berpikir "gw staff, gw berhak untuk ngapain ajah". IBB di bentuk juga sebagai komunitas. dimana semua orang yang punya ketertarikan dihal yang sama ngumpul jadi satu. bukan company yang punya atasan dan bawahan yg bisa diatur-atur.

      gw anonymous ? yah udah lah gpp yah, hahahahaha ! biar lebih legaaaaaa.

      jadi intinya, staff jangan semena-mena. gw jadi mikir company tuh bener engga sih ngeliat blog-blog kita. apa mereka nyerahin semua tugasnya ke para staff. kalau ada acara engga ada tuh email company lagi, sekarang dari staff. berarti staff yang menilai blog dong ? atau undangan disebarin seenak jidat ke blogger-blogger ? menurut gw sih itu sistemnya salah. gitu ajah ah. curhat gw kepanjangan ciyn

      Delete
  39. Ini si anon enak banget ya berlindung di balik anonymous, coba cek dan ricek deh

    Anon 1.
    Stella lee & Mada foe memang beauty blogger lama.tapi Stella lebih baik tidak nyinyir seperti anda.
    kalo sebulan bisa lebih dari 3 review dari sponsor Masalah buat Loe ?? sah sah aja kalee review kaya gitu toh pembaca yang akan nilai blog seseorang jadi gak usah Kepo !!
    Stella Lee sebulan bisa dapet berapa banyak Kosmetik dari sponsor jadi loe ngeririk blognya stella donk...ngiri kali gak banyak dapet dari sponsor.
    Masalah Giveaway yaa biarin aja kan emang banyak yang ngadain giveaway dan yg ngadain minta di tulis jadi sah sah aja...
    Males deh punya Staff IBB tapi senyiyir loe...lah wong yang buka Group Stella Lee aja Gak Nyinyir....


    2
    jangan nge judge orang dari ciri - ciri yang anda terapkan di atas dong, jangan samakan diri orang lain sama seperti anda, sebetulnya, harusnya anda lah staff IBB yang patut digantikan, bukan Stella Lee.
    Btw, di female daily anda kabur tanpa berita ya? membeli graftobian, tdk ada kabarnya lalu masuk black list oleh salah satu penjual. apa menurut anda, anda sudah baik??

    3
    Memang Bener Mada tuh berperan penting di IBB buat acara2..tapiii cara penyampaian tulisannya itu yang nggak banget.
    gak semua staff IBB kaya gini tapi yang ini beda.Hana juga suka ngeritik tapi cara penyampaiannya beda.
    Kenapa Stella dibawa ?? itu cuma salah satu contoh yang sering mereview produk sponsor lebih dari 3 dalam sebulan bukan maksut apa2.

    4
    Ktnya dilarang promosi diri, minta vote,dlll
    Nah stella lee minta vote axis, promosi do ibb, boleh tu. ga ada dr kalian staff negor.
    G si asik asik aja. Karena g dukung stella ..
    Bukan berarti, g ga suka stella, carnerlin, n blogger lainn.
    G mau, loe bisa nulis ini. Berarti u bisa praktekin.

    5
    Tegor stella lee, carnerlin dulu karena dia blogger sell out.
    Oya g sering liat blogger senior, dia promosi postingan tentang prakarya dia yg cantik, ga ditegor? Ga berani?

    Uda deh, Ibb ni dibubarin aja, isinya sirik, kacau.

    Intinya,loe iri sama stella, dan blogger lain yg laku disponsor, kalo loe ga ada yg mau sponsor, makanya , loe bikinlah tema kaya gini.

    Terakhir
    Coba kalo loe kaya stella lee, entar entar disponsor. Apa berani, loe angkat topik ini?
    G jamin ga berani. Apalagi ditawarin etude ke korea. Ga munafik lah, blogger mana yg ga mau kaya stella?

    Ini peryataannye2 emang sih nyentil stella sedikit tapi lbh banyak mujinye... anon... elu stella lee ye?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan, gue stella marcia pacarnya rojer danuarta wkwkwk

      Delete
    2. iye gue juga curiga, anonymous = stella lee. lagian emang stella dikeluarin dari staff?? member gak tau nihh.. emang iyayaa?? kenapa? kasian.

      Delete
    3. Ah, Stella punya attitude yang lebih bagus dari si anonim-anonim ini. :p

      Delete
    4. Gak juga sih. Soalnya pernah gua ketemu Stella di acara. Terus dia ngomongin Cominica ke kita-kita blogger yang dateng. Itu yang namanya attitude bagus?

      Delete
    5. Baik di depan.. jelek di belakang.. waspadalah...

      Delete
  40. walah ramenya, memang si bebrapa point itu aq kurang stuju .
    pokonya intinya tetaplah kkita mereview sesuai dgn kebenaran!!

    ReplyDelete
  41. GIRLS.. maaf gue gak bisa komen satu-satu sekarang. Akan gue komen segera.

    Intinya, saya minta maaf kalau postingan saya kurang berkenan dan beberapa merasa ter-judge. Gak ada maksud. Buat semua pihak yang merasa dirugikan i truly am sorry.

    Next time gue akan berhati-hati dalam berbahasa.

    Thank you for all your criticism, and input.

    Love

    ReplyDelete
  42. Love your post...
    Baru2 ini, aku mo pake produk namely G. aku googling blog yang mereview si G. sudah mantep baca di FD dan beberapa blog, tapi sempet sebel karena dari 10 blog, mungkin cuma 1-2 yang bener2 mereview produk, bukannya memamerkan produk yang baru dibelinya. Biasanya mereka yang menggunakan judul mereview produk yang baru dibeli, ujung2nya pake nulis "kita lihat saja hasilnya".
    Aku pake keyword REVIEW karena aku butuh kata2 "si G ini terbukti mencerahkan wajah" ato malah "pake G gak mencerahkan wajah sama sekali".

    So, when you never use such a beauty product, it is "first impression" you girls should write.

    -KaiLa-

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAH!!!

      Itu bahasanya mak, "First Impression"
      Wow, you are so thoughtful, thanks for stopping by :)

      Delete
  43. Boleh saya comment? Saya ini murni reader yg sukaa bgt baca2 tulisan beauty blogger kayak sis mada, sis arum, dll. Kalian caem2 dan tulisan asik, saya fans berat :D

    Saya yg reader doang si ga perduli kata2nya yg mgkn nyindir banyak orang, justru bagus! Ngapain slalu pake basa-basi sok manis kl memang bener, harus ada yg mulai berani speak-out. Kl disindir masih ga buka mata, yaa brarti cuma sampe situlah level **nya. Memang mayoritas orang ga suka di kritik, itu manusiawi. Karyawan kantor yg kerjanya jelek ga becus aja sebel kl ditegor bos, makanya otak ga maju2 hehe..

    Anyway, saya jadi tau kl beauty blogger tuh banyak isinya sell-out sama cari duit doang yah? Beauty company sama beauty blogger tuh banyak yg ujung2nya cuma mau cari duit dgn sgala cara :(
    Ya kalo bgitu produk sampah pun bisa aja dong ada beauty blogger yg tetep bilang bagus hny karena company nya ajak kerjasama? Iyaaa siiii blog isi nya suka2 yg nulis, TAPI tulisan sis mada membuka mata saya as reader..mana blogger yang mutu mana yg tidak. Mana yang beneran care dgn reader dan fans mana yg tidak. Ingat pembaca beauty blogger bnyk jg yg masih remaja.

    Produk2 itu dikirim ke kalian2 smua utk di review supaya masyarakat yg baca percaya kl produk nya oke dan penjualan si company meningkat,dpt credits dan kepercayaan (ya ga si?)

    Iya saya setuju kalo yg namanya review itu ya ga bisa lah cuma 1 hari! Semoga reader ga makin banyak yang ketipu dengan beauty bloggers kayak begitu. Saya yakin reader banyak yg satu pikiran dengan saya.

    Saya setuju rules IBB justru diperketat, biar beauty blogger makin bermutu. Yg bisa bersaing sehat itu yg jadi terbaik. Yg ga suka diatur atau cuma mau suka2 atau main2 aja ya ga usah, independent aja. Toh yg tipe bgini brarti ga perduli views dan credits doong,kan nulis buat asik2 aja katanya *piss*

    Thanks sis Mada, salut untuk anda, smoga makin sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whoever you are, you got the point! Thank you very much!

      Postingan ini bukan bermaksud mengecam tetapi memperbaiki diri, dan dengan banyaknya komen. Mata saya terbuka, saya juga gak perfect, please keep support and critic me ya dear.

      Thank you...
      XOXO

      Delete
  44. Ahahha..soreee semuanya..

    Saya silent reader nih..

    Cuma mau komen dikit aja..

    Kadang pernyataan kontroversial (tapi menurut gw pribadi tulisan jeung Mada ga nyelekit kecuali yang mbaca ngerasa kesindir) bisa digunakan oleh pihak-pihak yang ga bertanggung jawab untuk menciprakan perang (provoke people), sampai akhirnya pada curiga satu sama lain.

    Please girls, drop it. Seharusnya kita para wanita ini menguasai dunia dengan segala kelebihan kita, bukan saling curiga, saling menjatuhkan, saling menjelekkan..

    Just show some love.

    Blogging itu kebebasan berpendapat, kalau ga suka baca blog seseorang, akan lebih baik kalau kritik disampaikan dengan cara yang baik. Kalau kira-kira bakalan ga bisa jaga emosi, ya mendinga stop baca blog yang mengganggu.

    Kalaupun IBB punya aturan main, kayaknya sih fair aja. Ada group, ada rule. Ga suka sama rulesnya, independent n ciptakan rule buat diri sendiri. Simple.

    Ga perlu merasa terganggu dengan tulisan seseorang selama orang itu tidak menyerang anda secara langsung.

    And last but not the least, girls, daripada menerka-nerka siapa itu anon, mending kita sama-sama nurunin emosi, menyaring segala informasi, melihat lebih jelas. Jangan mau terprovokasi.

    *hugssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, ambil hikmahnya aja.
      Saya juga belajar banyak nih dari postingan ini.
      Semoga gak kapok-kapok main ke blog saya ya :)

      Delete
    2. ga mungkin kapok kok..
      This is one of my fave beauty blog :)
      keep up the great work..
      Make Indonesian women even more gorgeous..
      love n respect you :)
      xoxo

      Delete
  45. Semua staff udah saling melenceng. Ngirim email teguran sendiri dong dri email ibb ke email staff masing" kalau post dan ucapannya mesti dijaga ? :) attitudenya di jaga girls entar company liat kan jdi jelek reputasi kita :') hahahaha! Ngaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, whoever you are. DROP IT!
      I already apologize, and perbaikan juga butuh WAKTU. Gak bisa dengan instan.

      So, thank you for your effort commenting and everything.

      :)

      Delete
  46. hello.. ikutan nimbrung walaupun rada telat..
    Tulisan kak Mada disini emank bikin aku pas baca langsung "crep.. crep.. jleb.. plak!" **lebaidikit** menusuk dan menampar.

    Tapi menurutku kak Mada ngga ngejudge kok. :) Itu kan memang gaya omongannya. Aku sendiri tipe orang yg ngomongnya nyablak. Temen2ku sendiri bilang kalo aku ngomong ga ada filter dan saringannya. Semua keluar gitu aja tanpa di"percantik" sedikitpun. Dan aku juga ngarepin orang2 (terutama yg deket sama aku) u/ bersikap sama denganku. Jangan lakukan sesuatu yg kamu ga mau orang lakuin ke kamu, betul kan?

    Susahnya orang sini tuh, kebanyakan ga mau dikritik dan dipoint out kesalahannya. Kritikus dianggap sok benar, dan yg dikritik merasa paling benar. Halooo!!! Kritik itu ada utk membangun diri loh!! Kecuali kalo kritiknya kelewat kasar dan sama sekali tidak diikuti saran dan masukan!

    Tujuanku jadi blogger memang pengen share soal beauty, krn aku perhatikan banyak banget ternyata wanita2 yang masih awam soal kecantikan; either cara merawat/mempercantik diri, memilih produk, dan mengenali merk.

    Setelah baca post kak Mada ini, aku jadi introspeksi diri. I have to admit I want to be sell-out blogger dimana viewers blog aku berjibun, dapet popularitas, dan aku mendapat sponsor produk gratis kaya stella lee, cominica, dan blogger2 lain yg udah punya sponsor. Apalagi saya masih mahasiswa yg uangnya terbatas. Tapi bukan berarti mau aji mumpung loh! sell-out blogger itu hanya goal nomor sekian kok.. Goal nomor satu, balik lagi ke paragraf atas itu. Ini jujur loh dari hati terdalam. Saya pemalu in person, but I also desire for fame. Siapa sih yg ga kepingin jadi terkenal?

    Soal review itu paling nampar aku.. kadangkala saking terburu napsunya, baru sekali pake langsung kureview. Tulisan kak Mada mau ga mau mendorong aku utk lebi sabar meneliti (duileh bahasaku) bagus/ga nya suatu produk di aku, baru publish.. Dengan begitu, pro(s) dan con(s) serta bottom line bisa kunilai dengan lebi akurat. I have to learn more.

    Lalu tentang review positif melulu itu juga nyentil, tapi ga sampe nampar sih... Aku kasi review positif mostly karena produknya aku beli pake duit sendiri T^T, apalagi aku ini pecinta high-end brands, jadinya pas aku pake, mau sekali-dua kali puluhan kali pake, dipandang di aku ya bagus2 saja. Rasanya agak nyesekkk gitu kalo harus mereview negativenya setelah beli sambil kuras tabungan..lol
    Selain itu, review positifku juga krn kebanyakan aku selalu think before buy; cari2 review ampe kemana2 u/ menghindari salah beli. That's why my reviews are always positive.

    Buat anonim2 yg ada dsini, please, kalo mau mengkritik, pastikan kalian kritik sambil introspeksi diri dlu. Omongan kalian menurut aku cuma menunjukkan kesirikan kalian dan betapa keponya kalian ngurusin hak orang lain. Dan jangan juga saling nuduh dan tebar fitnah. Disini bukan tempatnya. Kalian sembunyi dibalik anonimitas supaya kata2 kalian ga bisa dipertanggungjawabkan. Kalo kalian memang peduli sama staff IBB, tunjukin lah identitas kalian! Aku yakin org yg kamu kritik akan berterima kasih sebesar2nya sama kalian.

    Duh aku jd curcol dan buka kartu.. hehe.. Tapi sekali lagi, aku sadar blogku masi banyak banget kekurangannya... Jadi... bottom linenya, THANKS KAK MADA UDAH MENGAJARIKU TANPA KESAN MENGGURUI/MENJUDGE...

    Ganbatte kak Mada!!
    Sorry yah post ini kepanjangan..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your effort dear!
      I appreciate it.. Aku juga sama kok, kalau produk yang beli sendiri itu disayang2.. Sampe kejelekannya dicari alternatifnya, gimana makenya hahaha..

      Let's learn together. Banyak loh blogger-blogger baru yang malah jauh udah lebih bagus dibanding yang udah setaon lebih ngeblog, karena ya rajin. Dan konsisten.

      Konsistensi itu kuncinya, aku gak konsisten, jarang ngpost. Nah kalian-kalian harus lebih rajin ya :)

      Jadi aku enak promosiinnya hahaha... :)

      Delete