About Me

My photo
Just an average master degree student, currently working on my thesis and doing make over in my spare time IF i'm not shopping LOL... I can be reach at imelda_husin@yahoo.co.id if you guys want me to review your products or sponsorship or simply wanna chat. Thank you...

Saturday, November 17, 2012

I AM (NOT A GOOD) BEAUTY BLOGGER

Post saya sebelumnya tampak menimbulkan huru hara...

Terimakasih untuk semua yang sudah komen, saya hargai. Good, bad doesn't matter. All of you made that effort to visit my blog, and noted that i took all of them seriously :)

Dengan ini saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak. Jika diizinkan saya ingin mengklarifikasi beberapa hal.

1. Poin 1- 8 adalah artikel yang saya terjemahkan dengan bahasa saya sendiri. Bukan asli buah pemikiran saya, sudah ada link yang tertera di atas point 1.
2. Saya mendapat banyak sekali komentar, yang jujur saya makin bertambah wawasannya.
3. Post saya sebelumnya bukan mengatas namakan staff IBB, personal sifatnya.

Saya harap ketiga hal itu bisa mengklarifikasi untuk saat ini, kenapa saya kesannya baru nongol sekarang. Well it's all part of a strategy, Blogger Sell Out hanya lapisan luar dari yang akan saya bahas di Gathering Akbar 2 IBB.

Untuk kalian yang gak bisa datang ke Gathering, berikut saya rangkum ya apa yang akan saya bicarakan.

Sell out blogger, fenomena itu terjadi dimana-mana dan karena Indonesia cenderung baru maka istilah itu pun belum awam, sehingga menimbulkan banyak reaksi. Seperti yang saya stated di blog post saya juga, WHO AM I TO JUDGE? Saya hanya ingin mendiskusikan poin 1-8 isi artikel tersebut.

Setelah itu lalu apa?

Lalu saya ingin membahas, apa sih tujuan pertama kamu ngblog? Salah satunya pasti nambah temen dan wawasan kan? Begitupun yang saya perhatikan di Indonesia, nah untuk itu apa saja sih yang diperlukan?

Saya rangkum beberapa artikel yang sangat bagus mengenai "How To Start a Beauty Blog", "How to Make a Good Review", "How Do You get Sponsor" semua tercakup didalamnya.
Tips memulai Beauty Blog
Tips Menulis Artikel
Tips Menulis Review
Beauty Blogging Tips and Tricks
10 Tips for Aspiring Blog
Sumber : allthatmakeup.com ; vampyvarnish.com ; clumpofmascara.com

Selanjutnya mari kita bahas fenomena blogging di Indonesia, saya akan fokus kepada beauty blogging only karena saya have no idea tentang fashion blogger, dll.

Insight yang saya dapatkan, adalah
1. Dari sisi blogger, semua ingin berlomba menambah sesuatu, entah itu temen, wawasan, atau bahkan relasi. Relasi? Company, Media dll dan sesama blogger termasuk relasi loh. Dan apa ada yang salah? Tentu tidak.. Tetapi ada yang kaget, dan ada yang keteteran seperti saya. YES i admit, saya jarang sekali ngblog karena saya simply gak bisa bagi waktu.
2. Dari segi company, blogger yang jam terbangnya sudah tinggi (buat saya gak ada istilah senior junior hanya jam terbang, siapa yang lebih dulu ngblog, gak berarti blogger yang baru ngblog page viewnya lebih sedikit, banyak blogger-blogger yang mulainya baru tahun ini malah lebih dicari dibanding yang sudah lama ngblog) biasanya page view diatas 1000 perhari. IT means? PUBLICITY FOR COMPANY. It's a win win solution. Kalau ujung-ujungnya membuahkan duit, kenapa gak?

Saya terkesan harsh/ kasar menterjemahkan point-point di blog post saya sebelumnya, karena simply saya menulis seperti saya ngomong - nyablak- dan saya sepenuhnya sadar, hey... tidak semua bisa kamu bawa ke pikiran kamu sendiri. Ada orang yang sifatnya lemah lembut gak jantan seperti saya kalau ngomong wkwkwk...
LESSON LEARNED, GIRLS :) *perhatikan cara menulis saya sekarang, susah payah ini gak pake bok, chyin, eym, menurut ngana, dkk* >.<

Dan yang ingin saya tekankan adalah, BLOGGING gak ada sekolahnya gak ada standar-nya. Yang ada hanya semacam tips dan peraturan tidak tertulis. Apa aja? Ya itu seperti yang di blog post saya sebelumnya. Kamu mau ng-post foundation yang baru kamu beli kemaren? Ya post saja, tapi judulnya jangan review. Review itu biasanya setelah beberapa kali pemakaian. Kalau baru beli mau share ke readers, itu namanya " First Impression". Dan saya juga baru belajar kok hal itu setelah ketemu temen-temen blogger yang udah lebih dulu ngblog dari saya.

Yang lain, teknologi sekalu berevolusi. Apa yang lagi heboh sekarang 3 bulan lagi belum tentu valid. Makanya jangan berhenti baca, belajar, dan tetep KEPO. Dulu 10 tahun lalu mana ada lip tint yang bisa buat pipi ama bibir? Mascara yang bisa nebelin, sampe vibrate. Nah hal-hal itu yang harus tetep dikepoin.

NOW, to the very point! WHY WE ALL SHOULD DITCH PERFECTION?

Ada artikel yang bagus sekali yang ingin saya share, http://heartifb.com/2012/11/15/why-perfect-is-the-enemy-of-good-for-your-blog/

Intinya, jangan takut ini itu. PRACTICES MAKES PERFECT. Jangan takut anggapan orang, jangan takut pula dikritik, jangan defensif, terima kesalahan, dan mau mendengar pendapat orang lain. Juga yang paling utama adalah, terus ngpost, konsistensi itulah yang akan membawa kamu menuju sukses.

OK, now on to WHY I AM NOT A GOOD BEAUTY BLOGGER

Terimakasih sekali lagi buat semua masukannya di post sebelumnya.
Tahun 2012 akan berakhir, saatnya juga saya evaluasi diri setelah sebelumnya evaluasi semua make up saya hehehe...

1. Benar, saya bukan tipe orang yang bisa bagi waktu. Saya lebih mengutamakan pekerjaan saya, dan tentu saja IBB selama ini. Saya tidak bisa ngepost sering-sering karena saya merasa gak sreg, ama isi calon postingan. Dan terlalu sibuk mengusahakan meeting yang tidak bentrok dengan jam kantor untuk keperluan IBB. Juga buat yang berpandangan bahwa saya bukan staff yang baik, saya akui juga karena saya juga sering HARUS diingatin ama temen-temen yang lain untuk "Jangan lupa follow up anu, jangan lupa kirimin anu." Thank you girls yang gak bosen-bosennya menegur dan mengingatkan saya yang keras kepala ini. Dan please, jangan kira kita melakukan ini semua hanya untuk keperluan pribadi. It's all for you girls, all member of IBB.

2. Kualitas foto, dan teman-teman. Terimakasih spesial untuk mba Nita yang kerjanya *mirip dengan saya* *gak boleh sebut merk* hahaha.... saya emang fully aware, kualitas foto, dan teknik foto saya jauh dari sempurna. Dan makasih udah mengingatkan, i will do my best to solve it! PROMISE :)

3.Sedikit saya jelaskan mengenai pekerjaan saya, kerjaan saya di beauty industry juga. Tempat saya bekerja menghandle paling tidak 7 beauty brand. Dan saya bertujuan untuk menganalisa dan mengevaluasi para beauty blogger secara reguler untuk dikirim ke regional, dan bangga banget beberapa hasil kerja saya kalian nikmati loh dalam bentuk gathering, goodybag yang dikirim ke rumah kalian, dll. Saya jarang nongol di event? Lah.. saya yang bergerak dibelakang layar bikin event-nya mbakkk :)

Sekian dulu dari saya, saya harap postingan saya jika memang menyakiti hati, dimaafkan. Dan jangan berhenti untuk mengkritik saya, sepahit apapun itu, saya akan memaksa diri saya belajar dari kesalahan dan menerima masukan dari kalian.

Sebagai penutup, saya ingin mengajak kalian untuk membuat list :

KELEMAHAN SAYA _______________________
KELEBIHAN SAYA ________________________
1 tahun dari sekarang saya mau jadi beauty blogger yang __________________________

Peace Fantabulous :)

20 comments:

  1. kak Madaaaaa.. you're awesome as usuall. Hahaha.
    btw, kenapa diilangi itu "menurut ngana, dllnya?". Asik2 gitu di kuping. :)

    and FYI, u are a good beauty blogger. Beauty blogger juga manusia koq. Mana sih yang bisa oke 100%. :)

    ReplyDelete
  2. wah post ini bikin saya makin sayang dengan mbak mada. betul kata mashi teman saya dari romachiatto, mba ini orangnya baik. Terimakasih atas perjuangannya di belakang layar, di depan layar juga. Semoga dengan klarifikasi di sini, semuanya makin damai dan maju. Baru tadi siang bertegur sapa, kesannya ramah banget. Sukses ya semuanya!

    ReplyDelete
  3. U're a good beauty blogger kak Mada, jangan bilang begitu ^^
    Aku jujur lebih suka gaya nulis kak Mada yang biasanyaa T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. kita janjian aja kapan-kapan ketemuan kalau kangen bahasa ala-ala ku ya dek..
      Thanks for stopping by :)

      Delete
  4. wah ada nama gue... wkwkwk... anyway, yes, aku berkata masalah kualitas kamera cause i do that same miss mada. I admit it. I see that ur sentences is really special for me, so i will introspect too :D yes, i am an office worker,still independent blogger with phone camera, then maybe i will buy an SLR someday with my salary. Nabung dulu cyin. hihihi.

    ok mada, you have a good attitude anyway. You admid your fault to all the staff. I appreciate. Then i adore you.

    Sorry for all the comment, but maybe it just give you an input. Okay?

    anyway, always loved to follow ur blog

    xoxo
    nitahakeem.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAAK... Kenapa kamera itu mahal sangat harganya yah.
      *jongrok di pojokan*

      No... I AM REALLY THANKFUL for YOUR INPUT, mak.. lo boleh tanya sama semua yang kenal gue. Gue bukann orang defensif ama kritik, paling banter gue manyun trus *maaf* (ngrokok) trus udah gue akan kerjakan dengan lebih baik sesuai saran.

      Gue gak merasa sakit hati mak, suer der. Gue bersyukur diingetin lagi, karna kadang emang kita butuh diingetin ama seseorang yang di luar lingkaran kita, karena apa? Karena kalian-kalianlah yang OBJEKTIF.

      Jangan bosen-bosen ingetin gue ya mak.

      XOXO

      Delete
  5. Hi kak Mada! ^^
    Love your blog. Tetep jadi diri sendiri kak.
    Ngeblog dengan biasanya.. Hihihi..
    Jangan terlalu diambil hati omongan yang tidak enak.
    Happy saturday kak! Gbu xoxo!

    ReplyDelete
  6. Halo kak Mada! ♥
    Kata siapa kakak bukan good beauty blogger?
    You're really a good beauty blogger! ♥♥
    Karena sesuai dengan yg kakak ngomong ''Jangan takut
    anggapan orang, jangan takut pula dikritik, jangan defensif, terima
    kesalahan, dan mau mendengar pendapat orang lain.'' !
    Good night kak! Gbu xx !! ;)

    ReplyDelete
  7. hai Mbak Mada... Salam kenal :)
    Aku Newbie di dunia blogger. Sharing mbak Mada di acara gathering IBB dan Citra Night tadi seruuuu....
    i lovet it!

    http://beautyisback.blogspot.com/2012/11/beautiful-moment-with-ibb-dan-citra.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOVE YOU TOO, semoga enjoy ama acaranya dan jangan kapok yak kalau kita undang lagi :)

      Delete
  8. Ka, you are awesome! keep on blogging!

    ReplyDelete
  9. Hello! We are a group of students from Italy and we've been assigned to do a mini survey about hair care in Indonesia. Would you be so kind as to reply to these 14 simple and fun questions?
    Open the link and click submit after completing the survey =) PLEASE HELP US!
    SURVEY IN ENGLISH:

    https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dERYanN1VlVDd0wtdUxnaU1GZHk5bHc6MQ#gid=0

    We depend on you, THANKS IN ADVANCE!
    Ingrid, Elisa, Martina, Ilaria & Alberto

    Hello! PLEASE HELP, KITA PERLU ANDA!
    Kami adalah sekelompok mahasiswa dari Italia dan kami telah ditugaskan untuk melakukan survei Mini tentang perawatan rambut di Indonesia. Apakah Anda akan begitu baik untuk menjawab pertanyaan tersebut 14 sederhana dan menyenangkan?
    Buka link dan klik submit setelah menyelesaikan survei =) PLEASE HELP US!

    SURVEY IN INDONESIAN:
    https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dHdiUUdRTk1UQ2ZrWVJKRUZ3Y01iUFE6MQ#gid=0

    Kami bergantung pada Anda, THANKS IN ADVANCE!
    Ingrid, Elisa, Martina, Ilaria & Alberto

    ReplyDelete
  10. KELEMAHAN SAYA mpek-mpek
    KELEBIHAN SAYA berat badan
    1 tahun dari sekarang saya mau jadi beauty blogger yang rajin menabung.

    SALAH YA MADA./ HEHEHEHEHEHEEHHEHEHHAEHHEHAHEHAE

    Ntar yak gw masih mo ngajar ini lagi colong2 waktu liat blog lu di waktu break. gw janji, akan kutanggapi dengan ciyus :D

    lov ya girl. keep on being awesome dah ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awesome? Gue? Ciyus? Ahahaha.....
      Thanks for stopping by mak...

      Delete
  11. hiiii..nubie dan bukan byuti blogger numpang urun komen yaaak..maaf klo bahasanya 'gitu deh' *eeh..

    gara2 ga bsa tidur gw iseng blogwalking n stumbled upon ur blog trus nyasar ke posting huru-hara sebelumnya...klo dikomentarin lagi udah basi kali yaaa, wong udh ada posting klarifikasi indang...

    but well, (saya emang suka berintro panjang ga guna) gara2 postingan sebelumnya, saya langsung tersadar looh untuk ngedit satu2 postingan saya yg ada kalimat 'review'nya..abisan aga tersindir juga klo dibilang review, lah krn ya itu saya rata2 emang bru pake produk2nya less than a week..itu pun saya sengaja buru2 nulis karena takut keburu lupa aja mau nulis apaa -__-

    anyhow..biarpun saya bukan byutiblogger, tpi seneng loh bsa blajar cara2 org nulis dan mengemukakan pendapatnya masing2...bener2 inspiring and thank u for that ;)

    ReplyDelete